Peningkatan Mahasiswa HKI Dan HES Dalam Pembelajaran Hukum Acara di Pengadilan

  • Jhon Tyson Pelawi STAIN Mandailing Natal
  • Andri Muda Nst STAIN Mandailing Natal
  • Idris Idris STAIN Mandailing Natal
  • Muhammad Fadhlan Is STAIN Mandailing Natal
Keywords: peningkatan pemahaman, pembelajaran, hukum acara

Abstract

Pendidikan hukum yang digeluti banyak kalangan mahasiswa tidak terlepas dari tingginya permintaan masyarakat untuk mendapatkan jaminan haknya terhadap hukum yang berlaku di negara. Negara yang berlandaskan hukum pasti mengedepankan aturan – aturan hukum dalam hal mejalankan setiap segi pemerintahan sehingga skill atau kemampuan dibidang hukum mendapatkan posisi yang sangat baik dan ini peluang besar bagi masyarakat khususnya mahasiswa yang akan menyandang gelar sebagai Sarjana Hukum untuk mengambil alih peluang yang ada. Kegiatan pengabdian tersebut banyak memberikan pemahaman kepada mahasiswa dilihat dari pertanyaan yang diajukan setiap mahasiswa setelah melihat proses persidangan secara langsung adapun hal-hal belum pernah dibahas dalam perkuliahan para mahasiswa juga telah memahami bagaimana sebenarnya hubungan Teori dan Praktik. Peningkatan pemahaman mahasiswa dapat dilihat juga dari quisioner yang diberikan kepada para mahasiswa terkait tentang efektifitas pembelajaran langsung berpraktik lebih disukai atau tidak dan lebih cepat memahami atau tidak dari quisioner tersebut 90% mahasiswa menjawab lebih cepat dan lebih suka menggunakan sistem pembelajaran langsung berpraktik. Pemahaman khususnya Mahasiswa program studi hukum keluarga islam dan hukum ekonomi syariah dibidang hukum acara semakin baik, dikarenakan pengalaman berpraktik sangat memberikan kesesuain antara Teori yang selama ini di pelajari dalam bangku perkuliahan dan meningkatkan minat belajar mahasiswa dalam menganalisis hukum yang ada.

Published
2021-02-26
Section
Articles