Peningkatan Kemampuan Korespondensi Dan Teknologi Informasi Bagi Tas (TAS) Di SMKS Dan PKBM

  • Wahyu Fitrina Defi STAIN Mandailing Natal
Keywords: tenaga administrasi sekolah, korespondensi, PAR

Abstract

Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) merupakan bagian dari sekolah yang tidak bisa dipisahkan. Peranannya dalam melaksanakan tugas sekolah terutama hal yang bersifat dengan keadministrasian berada pada posisi yang strategis. Korespondensi salah satunya, merupakan tugas yang melekat dan selalu dilakukan oleh tenaga administrasi sekolah. Namun yang menjadi permasalahan adalah tingkat kemampuan dan standar pelaksanaan tugas terkait korespondensi ini tidaklah sama di setiap instansi. Kita tidak bisa pungkiri, bahwa setiap instansi memiliki ciri khas sendiri dalam keadministrasiannya. Namun di sisi lain perlu adanya kesamaan dalam format tertentu terkait korespondensi ini. Tujuan dilakukannya pengabdian ini dengan berbasis online workshop adalah: 1) meningkatkan kemampuan korespondensi bagi tenaga administrasi sekolah, 2) menyebarluaskan aturan korespondensi di instansi pendidikan, 3) mengembangkan program pendampingan lanjutan untuk tenaga administrasi sekolah pada jenjang sekolah lainnya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah PAR (Participation Action Research). Adapun hasil pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan korespondensi tenaga administrasi sekolah dan kesadaran para tenaga administrasi sekolah untuk selalu mengupgrade pengetahuan keadministrasiannya, salah satunya yang terkait dengan korespondensi.

Published
2021-02-26
Section
Articles