Penyusunan Soal Hots Melalui Platform Assesment Online Berbasis Web ‘Hot Potaotes’

  • Syamsiah Depalina Siregar STAIN Mandailing Natal
  • Dina Syarifah Nasution STAIN Mandailing Natal
  • Sartika Dewi STAIN Mandailing Natal
  • Apriyanti Hasibuan STAIN Mandailing Natal
Keywords: assessment, hot potatoes, taxonomi bloom, soal HOTS

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang penggunaan aplikasi berbasis web melalui hot potatoes untuk membantu guru dalam pembuatan soal dengan muatan High Order Thingking Skill (HOTS). Kegiatan ini dilaksanakan di SMK N 2 Kotanopan sebagai sekolah mitra. Tujuan kegiatan adalah untuk memperkenakan aplikasi yang membantu guru dalam menyusun soal dengan muatan Hots dengan memedomani kriteria dari taxonomi bloom edisi revisi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode service learning. Kegiatan berlangsung selama satu hari dengan empat orang narasumber dengan materi yang berbeda. Disamping itu sesuai dengan kaidah service learning, kegiatan bukan hanya selama tatap muka saja, namun berlanjut dengan media online selama guru guru masih membutuhkan bimbingan. Peningkatan hasil belajar sangat diharapkan setelah menggunakan media Hot Potatoes terhadap hasil belajar siswa di ranah kognitif pada aspek mengingat (C1), memahami (C2), dan mengaplikasikan (C3).

Published
2021-02-26
Section
Articles